Dongeng/Cerita Sebagai Pendidikan Imajinasi/Fantasi

Imajinasi sangat dibutuhkan untuk proses kreatif karena kreativitas seseorang umumnya merupakan produk imajinasi. Oleh karena itu, seseorang anak yang mendapat kesempatan untuk bebas berimajinasi melalui bermain atau aktivitas-aktivitas lainnya, mendapatkan peluang besar untuk memunculkan potensi-potensi kreatifitasnya.
Salah satu ekspresi kreatif anak melalui imajinasinya ditunjukkan dengan dongeng/cerita.

imajinasi dan fantasi anak

Suatu contoh anak saya, pernah dengan hanya memakai sobekan tissu dia gunakan sebagai media mendongeng.
Dia memiliki imajinasi, tissu yang dia dibentuk menurut versi dia sebagai tokoh yang diperagakan dalam sebuah adegan dongeng dan dengan dialog yang dia kuasai ternyata dia sangat menikmati dongeng yang dia bawakan tersebut. Biasanya anak saya menirukan dialog dan adegan seperti dalam kartun yang pernah dia lihat.
Para pendidik dan ahli ilmu jiwa sepakat bahwa pada masa anak-anak berimajinasi dan berfantasi adalah sebuah proses kejiwaan yang sangat penting. Imajinasi dan fantasi akan mendorong rasa ingin tahu seorang anak. Rasa ingin tahu ini sangat penting bagi perkembangan intelektual anak. Imajinasi dan fantasi anak yang kaya juga akan sangat berfaedah bagi pendidikan kreativitas mereka.
Untuk merangsang imajinasi dan memperkaya daya fantasinya, kita dapat melakukannya secara efektif dengan bantuan cerita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: